BOSAN di Masa Lockdown? Lakukan Hal Ini

Ilustrasi by IG @rahmy805
Oleh: QQ Irma LQ 

Ada kalanya kita harus berdiam diri di dalam rumah untuk jangka waktu yang lama. Misalnya karena pemulihan pasca-sakit atau karena hal lain yang mengharuskan Anda untuk tinggal di rumah selama berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu. Seperti sekarang ini karena pandemi covid-19.

Salah satu masalah yang mungkin muncul ketika harus berdiam diri di rumah adalah timbulnya rasa bosan. Jika masalah ini tidak dikelola dengan baik, bisa bisa menjurus kepada hal yang merusak kesehatan mental.

Nah, untuk melawan rasa jenuh dan bosan, ada baiknya melakukan kegiatan-kegiatan yang produktif dan bermanfaat. Ketika memiliki waktu luang di rumah, saatnya untuk mempelajari hal baru.

Misalnya belajar memainkan alat musik seperti gitar, piano, dan bisa juga membuat kreativitas seperti mendekor kamar atau bagian rumah lainnya.


Selagi di rumah, luangkanlah waktu dengan berolahraga, tidak perlu yang berat-berat, melakukan olahraga yang ringan saja sudah cukup untuk menyehatkan tubuh Anda. Kemudian untuk menghilangkan rasa bosan, Anda juga bisa mencoba untuk masak.

Jika sebelumnya Anda tidak dapat bereksplorasi dengan resep-resep masakan baru karena rutinitas yang padat, masa pademi ini  dapat memberikan kesempatan yang banyak buat Anda untuk mencobanya. Cobalah manfaatkan waktu luang Anda di rumah untuk mengasah lagi kemampuan memasak.

Apalagi, kini di media sosial mulai banyak bertebaran resep masakan baru hasil karya orang-orang yang menjalani social distancing. Anda juga bisa turut berpartisipasi mencoba resep baru dan membagikannya di media sosial.

Selain itu, kegiatan positif lainnya yang dapat  Anda lakukan saat pandemi ini adalah perawatan diri, dengan banyaknya waktu luang ini, saat bekerja di rumah, Anda yang biasanya mempunyai lebih banyak waktu untuk relaksasi.

Hal itu biasa digunakan untuk merawat diri, agar ke depan sudah terbiasa merawat diri. Tidak harus ke salon atau spa, Anda bisa memanjakan diri dengan memakai masker wajah atau melakukan creambath di rumah.

Hal hal itu bisa buat membuat rasa bosanmu sedikit hilang selama pandemi, cobalah.

*Penulis adalah mahasiswi Jurusan Sosiologi Agama UIN Ar-Raniry

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.