DPD II Partai Golkar Sabang Minta Pemko Perketat Pengawasan Di Pelabuhan Ulee Lheue



Sabang - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Partai Golongan Karya (Golkar) Kota Sabang meminta kepada pemerintah setempat untuk memperketat pengawasan terhadap orang-orang yang akan masuk ke kawasan wisata Pulau Weh.

Hal itu dimaksudkan karena saat ini pasien penyebaran wabah Corona virus disease 2019 (Covid-19) semakin terus meningkat, baik di Indonesia maupun beberapa kabupaten / kota di Provinsi Aceh.

Ketua DPD II Partai Golkar Kota Sabang Hj Cut Yulita Darwin kepada media koranaceh.net Senin, (29/6) mengatakan, khusus kepada penumpang kapal baik kapal Fery Roro maupun kapal cepat yg menuju ke pulau sabang.

Menurutnya, upaya ini perlu dilakukan guna mengantisipasi terjadinya peningkatan pasien yang terserang virus Corona terus meningkat di daerah itu.

"Kota Sabang sendiri beberapa hari lalu juga telah ditemukan satu orang pasien yang positif Covid-19, dari itu kita dari meminta ketegasan dari tim gugus tugas Covid-19 Sabang di pelabuhan penyebrangan Ulelheu untuk menyediakan dokter yang ditugaskan secara bergantian termasuk mempersiapkan alat rapid test, uji swab atau bentuk lainnya, terutama bagi pengunjung yang berasal dari luar Aceh atau baru berpulangan dari luar Aceh," ujarnya.

Cut Yulita menambahkan, memperketat pengawasan secara protokol kesehatan perlu dilakukan mengingat Sabang merupakan pulau yang sangat kecil dan pembauran masyarakatnya juga sangat mudah, apalagi dengan tenaga medisnya sangat terbatas serta fasilitas kesehatan sangat minim, lanjut mantan anggota DPRK Sabang dua periode itu.

Kata dia, sebenarnya untuk pulau Sabang sangat mudah melakukan upaya pencegahan penyebaran Covid-19, karena menuju ke Kota Sabang hanya memiliki satu pintu masuk yaitu dari pelabuhan Uleelheu.

Kalaupun ada yang menggunakan jasa boat nelayan itu hanya diperlukan peran aktif para panglima laot Lhok masing-masing sesuai wilayahnya, lanjut Cut Ita sapaan akrab ketua DPD II Partai Golkar Sabang.

Ia berharap kepada Pemko Sabang beserta tim Covid-19 harus bersinergi dan saling berkoordinasi dan bertindak tegas kepada pengunjung yang datang dari daratan Aceh, khususnya dari zona merah seperti Medan, Jakarta dan beberapa daerah lain yang tingkat mewabah Virus telah tinggi.

"Kepada masyarakat kita himbau untuk tetap mematuhi dan mendukung program pemerintah dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 seperti, mencuci tangan, memakai masker saat keluar rumah serta tetap menjaga jarak," imbuhnya. (EMK Muntadhir)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.