Kunjungi Balai Pembibitan Sapi Unggul Indrapuri Prof TA Sanny Bicarakan Investasi Peternakan

Prof. Dr. Eng.Teuku Abdullah Sanny tinjau BPTU HPT Indrapuri

Aceh Besar - Ketua Yayasan Beudoh Gampong, Prof TA Sanny, M.Sc. tinjau lokasi pusat peternakan di Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Penghijauan Pakan Ternak (BPTU  HPT) Indrapuri Aceh Besar, Minggu (12/9/2021).

BPTU HPT merupakan balai pembibita yang terletak di Indrapuri sebagai tempat khusus pembibitan sapi-sapi unggul Aceh dengan luas 430 hektar.

Prof. Dr. Eng.Teuku Abdullah Sanny, M.Sc dalam kunjunganya pada Rabu, 1 September 2021 didampingi oleh team Yayasan Beudoh Gampong disambut oleh Kepala BPTU HPT Ir. Yanhendri, M.Si.

Yusmadi Yantek sebagai Bidang Informasi Jasa Produksi mengungkapkan Program pengembangan sapi ini sudah dijalankan sejak tahun 2015 hingga saat ini dan  program selanjutnya pada tahun 2024 harus mampu menghasilkan 1000 ekor sapi betina.

Prof. Sanny mengungkapkan kunjungan kerja ini merupakan kegiatan untuk melihat secara langsung pengembangbiakan ternak sapi yang dilaksanakan di BPTU HPT  dan melihat kesiapan Aceh untuk menghasilkan 1000 ekor sapi.

"Saya ingin melihat, serius atau tidak memelihara sapi disini, ternyata serius," ujar Prof. Sanny.

Sebelumnya sapi aceh dikenal sapi kecil, saat ini BPTU melakukan pembibitan melalui persilangan antara Belgian Blue dengan Sapi Aceh dan persilangan jenis Wagyo dengan sapi Aceh.

“Saya berharap investor bisa datang kesini dan melihat bahwa Aceh siap bahkan sudah memiliki balai pembibitan sapi,” ujarnya.

Kepala BPTU-HPT Indrapuri Ir.Yanhendri, M.Si mengungkapkan program pengembangan Sapi Aceh merupakan pengembangan perdana  dibawah Kementrian Pertanian Direktorat Jendral Peternakan dan Kesehata Hewan di Aceh.

“Ini merupakan suatu kebanggaan dimana pengembangan sapi ada di Aceh, sehingga sapi aceh dapat menjadi sapi yang berkualitas dan berkembang,” ujar kepala balai. (Wiwin).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.