Menteri Agama RI Resmi Buka STQH ke-26 Tingkat Nasional di Maluku Utara

Malam pembukaan STQH ke-26 tingkat nasional di Kota Sofifi Provinsi Maluku Utara, Sabtu (16/10)


Sofifi Maluku Utara - Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qaumas secara resmi membuka pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur'an dan Hadits (STQH) ke-26 tingkat Nasional di Kota Sofifi Provinsi Maluku Utara.

Pembukaan yang berlangsung sekitar pukul 20.30 WIT di Kota Sofifi tersebut juga ikut dihadiri para kepala-kepala daerah tingkat Provinsi se Indonesia, berpusat pada Mesjid Raya Shoful Khairaat, Sabtu (16/10).

Gubernur Provinsi Maluku Utara, KH Abdul Gani Kasuba Lc dalam sambutannya dihadapan ratusan peserta kafilah dan ribuan masyarakat Maluku Utara menyampaikan rasa keharuaannya atas keberhasilan terlaksana even berskala nasional  di Kota Sofifi yang dulunya hanya dikenal sebuah kecamatan kecil.

Pawai : Malam pembukaan pelaksanaan STQHN ke -26 juga dilakukan pawai kafilh, tampak kafilah Aceh saat pawai didepan panggung utama STQH tahun 2021 di Maluku Utara.

Kata Abdul Gani, meskipun acara pembukaan berlangsung dengan sangat sederhana namun berkat usaha dan doa serta iradat Allah SWT kini kota kecamatan ini berubah menjadi sebuah ibu kota provinsi yg mewah serta megah, meskipun beliau mengakui bahwa sebahagian besar fasilitas pendukung belum memadai.

"Atas nama Pemerintah dan masyarakat Provinsi Maluku Utara kami meminta maaf kepada seluruh kafilah dari 34 Provinsi se Indonesia atas kekurangan fasilitas yang disiapkan tersebut," ungkapnya.

Ribuan masyarakat Maluku Utara menyaksikan malam pembukaan berlangsung STQH tingkat nasional di Kota Sofifi, Sabtu (16/10)

Sementara itu, Menteri Agama RI dalam arahannya mengingatkan agar forum STQHN ini dilaksanakan bukan hanya sebagai ajang unjuk kebolehan semata, melainkan harus dijadikan sebagai momen pemersatu bangsa dan wadah untuk menunjukkan kepada dunia arti dan makna Islam yang rahmah dan sejuk.


Seleksi Tilawatil Qur'an dan Hadits tingkat nasional tahun 2021 di Provinsi Maluku Utara ini harus menjadi ajang silaturahmi kita sesama kafilah antar provinsi se Indonesia, harapnya. 

Peresmian pembukaan Seleksi Tilawatil Qur'an dan Hadits tingkat nasional tersebut juga dilakukan pergelaran pawai peserta kafilah sebagai pertanda pelaksanaan STQ tahun 2021 telah dimulai. (Muntazir)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.