Atjeh Sunda Ngumbara Tampilkan Debus Pukau Weekend Show Music Banda Aceh


Banda Aceh - Grup musik tradisi asal Bandung (Sunda) Atjeh Sunda Ngumbara hibur penonton even Weekend Show Music Banda Aceh, Minggu (31/10/2021) di Taman Meraxa kawasan Ulee Lheue, pekan ini para pengunjung kembali mendapatkan konten musik tradisi asal Bandung tersebut dengan komparasi musik Aceh-Sunda dan pertunjukan debus kolaborasi, Selasa (2/11/2021).

Debus Aceh yang dibawakan Nazaruddin (Ampon Nazar) asal Kabupaten Aceh Barat Daya terlihat sangat atraktrif, permainan debus kenamaan Aceh ini sudah melalang buana sejak 1986 hingga kini di seantero nasional-Asia-Eropa, pada pekan sebelumnya, beliau menyaksikan Atjeh Sunda Ngumbara, karena ketertarikannya terhadap musik garapan Sunda ini, Nazar lalu berinisiatif untuk tampil bersama pekan ini.

"Saat ini pertunjukan Weekend Show Music kembali menampilkan Atjeh Sunda Ngumbara, kita ingin para penonton menikmati berbagai suguhan, adanya debus sebagai kolaborasi yang kita siapkan, semoga para pengunjung wisata di Banda Aceh terhibur, tetap jaga protokol kesehatan dan kebersihan", ujar Kepala Dinas Pariwisata Banda Aceh, Iskandar, S. Sos, M. Si.

Perahu Layar, Bungong Jeumpa dan musik ilustrasi khas Sunda yang ditampilkan terkemas baik dalam 14 menit durasi pertunjukan Debus Aceh. Kang Ayi Khidmat selaku pimpinan Atjeh Sunda Ngumbara menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Dinas Pariwisata Banda Aceh sebab telah begitu luwes memberikan kesempatan mengisi panggung rutin yang diadakan di kawasan pariwisata Ulee Lheue.

"Kami berharap peran seniman nasional tradisi yang mengembara ke Aceh dapat terus diberikan kesempatan berkiprah, harapan ini juga sekaligus menjadi perhubungan silaturrahmi yang aktif energik," papar Kang Ayi.

Grup Atjeh Sunda Ngumbara yang kali ini tampil terdiri dari Ma'ruf (gendang), Kang Asep Piul (gendang), Kang Ayi Chidmat (terompet), Abah Pendi (gong).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.