Walikota Aminullah Sampaikan Potensi Ekraf Banda Aceh pada Seleksi Akhir KaTa Kreatif Indonesia 2021

Walikota Banda Aceh, H. Aminullah Usman, SE,. Ak, M.M
paparkan potensi Ekraf Kota Banda Aceh, Media Center,
Balai Kota Banda Aceh, Senin (22/11/2021).

Banda Aceh – Walikota Banda Aceh Aminullah Usman, SE,. Ak, M.M menyampaikan pemaparan potensi Ekonomi Kreatif Kota Banda Aceh pada seleksi Tahap Akhir penentuan KaTa Kreatif Indonesia 2021, kegiatan pemaparan dan penilaian dilaksanakan secara Zoom Meeting di Balai Kota, Ruang Media Center, Senin (22/11/2021).

Kota Banda Aceh sebagai salah satu kota yang masuk dalam nominasi 11 KaTa Kreatif Indonesia 2021 hari ini melangsungkan pemaparan yang disampaikan langsung oleh Walikota Banda Aceh terkait berbagai potensi Ekonomi Kreatif yang ada di Kota Banda Aceh.

Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman, memaparkan kolaborasi berbagai aktor Ekonomi Kreatif memberikan dampak pada perekonomian yang dapat dilihat dari berbagai event yang diselenggarakan oleh Pemkot Banda Aceh, komunitas, media, pengusaha dan akademisi yang saling bersinergi.

Salah satu event yang melibatkan berbagai aktor adalah Festival Kuliner Aceh.

Kuliner merupakan sub sektor yang memiliki dukungan dari pemerintah untuk memperkuat distribusi Ekraf dan mampu menghasilkan berbagai lapangan pekerjaan untuk memajukan Ekraf.

Selain itu keunggulan dari sub sektor kuliner mampu mendorong kegiatan Ekraf lain yang ada di Kota Banda Aceh seperti pariwisata sehingga berhasil menyerap lebih dari 3000 tenaga kerja.

Perekonomian Kota Banda Aceh sejak tahun 2017 terus mengalami peningkatan mencapai 36 % dengan jumlah UMKM sebelum tahun 2017 sebanyak 8.900 UMKM, pada tahun 2017, 9.591 UMKM dan saat ini mengalami peningkatan pada tahun 2021 sebanyak 16.950 UMKM.

Melalui berbagai upaya serius Pemkot Banda Aceh hingga mampu memasuki nominasi 11 KaTa Kreatif Indonesia yang telah melewati proses seleksi dari tahun 2018 merupakan wujud nyata Pemko Banda Aceh untuk peningkatan Ekonomi Kreatif Kota Banda Aceh.

Selain langsung didampingi Kepala Dinas Pariwisata, Iskandar, S.Sos, M.Si, Walikota Banda Aceh, Aminullah saat presentasi dengan durasi 10 menit paparan plush 5 menit tanya jawab , Kadis Pariwisata Banda Aceh turut didampingi; Muhammad Ridha, S.STP, M.Sc Sekretaris, Sabri Ts, S.Pd, Kabid Ekraf, Muchlis ST, MT Kabid Destinasi.

Turut juga mendampingi Kadis Informasi Komunikasi dan Statistik Banda Aceh, Fadhil, S. Sos. M.M dan unsur Tim Ekraf Muhammad, M. Pd mewakili Kolaborasi Pentahelix bidang Media.

Selain itu, Aktor ABCGM (Academics, Bisnis, Cullinaer, Government and Media) lainnya yang juga berada secara online zoom meeting terpisah dari Media Center, Balai Kota Banda Aceh, antara lain; Dr. T. Meldi Kesuma, SE, MM, T. Dhahrul Bawadi serta Hasbul Fayadi.

Tahap akhir pemaparan dan penilaian KaTa Kreatif Indonesia hari ini dimulai pada pukul 09.00-12.30 WIB oleh setiap kepala daerah dan penetapan KaTa Kreatif Indonesia 2021 nantinya akan diumumkan pada tanggal 30 November .

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.