Keuchik Riazil Visi Jadikan Gampong Lamteumen Timur Percontohan Budaya

Keuchik Riazil, S. Sos diapit Teuku Irwan Johan, ST dan Apa Kaoy seniman Aceh 
dan tamu undangan usai upacara peusijuk keuchik, Minggu (6/2/2022).

Banda Aceh -
Usai dilantik dengan prosesi Peusijuk (tepung tawar) Keuchik Lamteumen Timur, Riazil, S. Sos sampaikan visi untuk membangun Gampong Lamteumen Timur, Kecamatan Jaya Baru Kota Banda Aceh sebagai Gampong Percontohan Budaya, sambutan Keucik Riazil tersebut diapresiasi anggota DPRA Teuku Irwan Djohan, ST yang turut mengapresiasi visi khas dan unik tersebut, Senin (7/2/2022).

Penyampaian visi Keuchik Riazil diamini berbagai kalangan yang turut hadir pada Minggu, 6 Februari 2022 menyaksikan prosesi peusijuk Keuchik Gampong Lamteumen Timur yang terpilih menyisihkan 4 kandidat lainnya.

Irwan Johan saat disambut secara akrab oleh perangkat Gampong Lamteumen Timur menyatakan kesiapan dirinya guna mendorong terwujudnya visi Keuchik Riazil, dirinya yang juga melaksanakan pembangunan di wilayah Kecamatan Jaya Baru tersebut menganggap bahwa untuk dijadikannya Gampong Lamteumen Timur sebagai gampong budaya.

Untuk itu, tentu diperlukan tahapan yang konstrukstif, misalnya dengan dimulai menggali sejarah Gampong Lamteumen, sejak tempo dulu, asal muasal gampong selanjutnya bisa saja dibuat ke dalam riwayat berbentuk drama pentas, nantinya sering ditampilkan agar masyarakat mengenal kembali sejarah gampong mereka.

"Saya selaku keuchik tentu tidak bisa bekerja sendiri, era pemilihan sudah selesai, sekarang kita memulai bersatu, tidak lagi memilah kelompok sebagaimana tahapan kampanye, saya memerlukan semangat dan kerja keras bersama segenap warga, para tokoh, ulama dan pemuda gampong, mari kita jadikan Gampong Lamteumen Timur menjadi model gampong budaya, kita hidupkan kembali budaya endatu kita, seperti prosesi hari ini, peusijuk ini tentu dapat menjadi contoh bagi kegiatan bagi gampong lainnya di Kota Banda Aceh dan Aceh secara luas nantinya," papar Keuchik Riazil.

Hadir dalam kegiatan bernuansa khas tradisi budaya Aceh tersebut antaranya; Camat Jaya Baru, Mei Indriya Goswita, S. STP, Imum Mukim Pos Blang, Ketua dan anggota Tuha Puet, Imum Mesjid Baburrahman Tgk. Mulyadi Abdul Manaf, juga Imum Gampong Tgk. Umar Ab.

Seusai prosesi peusijuk, acara dilanjutkan makan bersama warga dan segenap undangan dengan menu utama berupa Kuah Beulangong khas Aceh Besar. 

 Imum Mesjid Baburrahman Tgk. Mulyadi Abdul Manaf saat 
mempeusijuk Keuchik Riazil di pelaminan Aceh, Minggu (6/2/2022).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.