Expo Pemuda Kreatif Berikan Kesempatan Luas Banda Aceh sebagai Kota Kreatif

Penutupan Expo Pemuda Kreatif, Taman Bustanul Salatin
Wakil Ketua DPR Aceh, Safaruddin didampingi
Plt Kepala Dinas DPMPTSP Banda Aceh, Iskandar, S. Sos, M. Si
Minggu (4/6/2023).
Banda Aceh -
Berlangsung di Taman Bustanul Salatin (Taman Sari) gelaran Expo Pemuda Kreatif selama 3 hari yang ditutup Minggu malam (4/6/2023), even ini menjadi penguat bagi Kota Banda Aceh sebagai salah satu Kota Kreatif di Indonesia yang telah ditetapkan pada 2022 silam, memberikan kesempatan luas bagi para warganya berkreasi dan membangun ekonomi kreatif termasuk di sektor seni-budaya basis komunitas, Jumat (9/6/2023). 

Hal itu disampaikan Iskandar, S. Sos, M. Si selaku Staf Ahli Walikota Banda Aceh yang juga Plt Kepala Dinas DPMPTSP Banda Aceh usai penutupan Expo Pemuda Kreatif kepada media. Ikut menutup kegiatan even mewakili Pj Walikota Banda Aceh, Bakri Siddiq, SE, M. Si, pertumbuhan komunitas di Banda Aceh menurutnya sangat signifikan dalam peningkatan ekonomi kreatif, tanpa pemuda yang aktif dan produktif, menurutnya sebuah kota tidak akan sukses membangun.

"Kita memberikan kemudahan bagi siapapun di kota ini untuk berkarya, berkreasi, termasuk dalam kaitan pelaksanaan Expo Pemuda Kreatif yang diselenggarakan atas prakarsa Wakil Ketua DPRA Safaruddin yang dalam hal ini bekerja sama dengan Disbudpar Aceh, terutama soal perizinan, meskipun kita tahu, izin kegiatan konser, expo, festival dan semacamnya itu justru tanggung jawab para pihak dalam menyukseskannya," papar Iskandar di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Banda Aceh.

Sebagai mantan pejabat Dinas Pariwisata Kota Banda Aceh, pada masanya memimpin berhasil menjadikan Banda Aceh sebagai salah satu kota di Indonesia yang terpilih meraih kriteria KaTa Kreatif (Kota Kreatif) pada program yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Penyelenggaraan Expo Pemuda Kreatif 2023 berlangsung diikuti oleh 60 komunitas yang terdiri dari beragam latar, mereka antaranya dari komunitas seni, modeling, hip hop, komunitas otomotif, forum biker (anak motor), komunitas mobil kopi, gabungan ojol, komunitas sport, komunitas sosial, pecinta hewan dan lainnya.

Wakil Ketua DPRA, Safaruddin mengapresiasi penyelenggaran expo, menurutnya even telah berjalan sukses, ia mengajak para pemuda untuk terus berkreativitas, berkarya menyalurkan ide brilian namun tetap mengedepankan kearifan lokal.

"Syariat Islam tidak membatasi kita untuk berkembang, tetap patuhi aturan yang berlaku, dengan harapan melalui tumbuhnya ekonomi yang melibatkan peran pemuda, malam ini memberi bukti pemuda Aceh mampu berkreatifitas dan menyelenggarakan even expo sukses, itu luar biasa," apresiasinya.



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.