Kapal Penyeberangan Sabang - Banda Aceh Stop Operasi Selama Tiga Hari

Kapal motor penumpang (KMP) BRR

Sabang - Sehubungan dengan surat edaran gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 tanggal 6 Mei 2020 tentang kriteria pembatasan perjalanan orang dalam rangka penanganan Corona virus disease 2019 (Covid-19), Pemerintah Kota Sabang meminta kepada pihak PT ASDP Indonesia Ferry cabang Banda Aceh untuk tidak melayani pelayaran (off operasi) kapal Roro rute pelabuhan Balohan Sabang - Ulelheu Banda Aceh dan sebaliknya selama tiga hari.

Permintaan Pemko Sabang yang ditandatangani oleh Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Sabang Drs Zakaria MM tersebut ditujukan kepada kepala ASDP Indonesia Ferry cabang Banda Aceh tanggal 19 Mei 2020 lalu.

Supervisi penyeberangan lintasan Balohan, Ulelheu dan Lamteng Husaini kepada media www.koranaceh.net Jumat, (22/5) membenarkan tidak beroperasinya kapal milik PT ASDP Indonesia Ferry baik KMP BRR maupun KMP Tanjung Burang selama tiga hari sejak tanggal 23 Mei sampai dengan 25 Mei mendatang.


Kata Husaini, surat bernomor 440 / 2946 tertanggal 19 Mei 2020 tersebut berisikan permintaan Pemko Sabang kepada PT ASDP Indonesia Ferry cabang Banda Aceh untuk tidak mengoperasikan kapal penyeberangan lintasan Balohan Sabang - Ulelheu Banda Aceh dan sebaliknya.

Selanjutnya kapal akan kembali beroperasi seperti biasa pada hari Selasa tanggal 26 Mei 2020 mendatang sesuai dengan surat sekretaris daerah Kota Sabang.

"Kapal tidak melayani pelayaran yaitu sejak hari Sabtu tanggal 23 Mei hingga Senin 25 Mei dan akan kembali berlayar pada hari Selasa tanggal 26 Mei 2020," ujarnya.

Kapal motor penumpang (KMP) Tanjung Burang

Husaini menambahkan, Pemko Sabang mengajukan permintaan agar pihak ASDP cabang Banda Aceh tidak melakukan pelayaran (stop operasi) selama tiga hari itu sejak H-1 hingga H+1 hari raya Idul Fitri dengan pertimbangan mobilitas bahan pokok ke Kota Sabang yang relatif sangat minim.

Disamping itu Sekdako Sabang juga menyebutkan bahwa personil yang bertugas di pelabuhan perlu diberikan kesempatan untuk berlebaran bersama keluarganya.

"Mengacu dari surat tersebut pihak PT ASDP Indonesia Ferry cabang Banda Aceh telah menyetujui permintaan Pemko Sabang dengan tidak melakukan pelayaran kapal Roro lintasan Balohan - Ulelheu mulai hari Sabtu, Minggu dan Senin, pelayaran akan kembali normal pada hari Selasa (H+2) mendatang, paparnya. (EMK Muntadhir)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.