Kapal KMP. Aceh Hebat 2 Siap Berlayar Perdana Sabtu Besok

 

Syamsudin selaku General Manajer General (GM) ASDP Banda Aceh.

Banda Aceh – Sebuah perhelatan sederhana bertajuk syukuran dan peuseujuek kapal baru yang diberi nama KPM. Aceh Hebat 2 berlangsung kamis, 28 Januari 2021 lalu, hal ini sekaligus menandai bahwa kapal baru tersebut siap berlayar pedana dijadwalkan Sabtu besok (30/1/2021), masyarakat Aceh sudah dapat menikmati pelayanan transportasi laut KMP. Aceh Hebat 2 secara resmi, Jumat (29/1/2021).

“Acara syukuran atau peuseujuk ini merupakan bagian rangkaian acara sebelum operasional perdana pelayaran KMP. Aceh Hebat 2 direncanakan pada Sabtu, 30 Januari 2021, kami berusaha maksimal sesuai jadwal, di bulan Januari ini tetap memulai operasi pelayaran armada KMP. Aceh Hebat 2,” ungkap Syamsudin selaku General Manajer General (GM) ASDP Banda Aceh.

Saat sesi wawancara dengan koranaceh.net, diketahui bahwa pelayanan pelayaran KMP. Aceh Hebat 2 dari dan ke pelabuhan Ulee Lheue-Balohan dapat ditempuh lebih cepat dari kapal lainnya yang telah lebih dahulu beroperasi di Pelabuhan Banda Aceh-Sabang.

“Kami bersyukur, acara berlangsung lancar, seluruh stekholder turut menghadiri undangan, yang pastinya kami bahagia, kami senang KMP. Aceh Hebat 2 ini mudah-mudahan bisa membawa kebaikan bagi kita semua,” ujar Syamsudin selaku General Manajer General ASDP Banda Aceh.

Para undangan syukuran mendampingi anak yatim penerima santunan
dalam kapal KMP. Aceh Hebat 2

Kapasitas KMP. Aceh Hebat 2 di atas 250 penumpang dengan kondisi kendaraan campuran di atas 30 unit. Kisaran waktu pelayaran jika dengan kondisi cuaca normal waktu pelayaran dapat ditempuh selama 1,5 jam.

Rusliwan, selaku Penanggung Jawab Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh, KMP. Aceh Hebat 2 menjelaskan bahwa KMP. Aceh Hebat 2 usai pelayaran perdananya dari Bangkalan, Madura pada Sabtu (19/12/2020) tiba di Ulee Lheue.

“Segenap unsur internal kelengkapan sebuah pelayaran seperti ABK sudah dipenuhi, surat-surat kelengkapan juga sudah dipenuhi,” papar Rusliwan.

“Penandatanganan kontrak kerjasama antara Pemerintah Aceh dengan ASDP Indonesia Ferry terkait dimulainya pengaktifan pelayanan pelayaran KMP. Aceh Hebat 2 dari/dan ke Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh-Pelabuhan Balohan Sabang  akan dilaksanakan pada Sabtu, (30/1/2021) esok.

Memulainya pelayaran perdana KMP. Aceh Hebat 2 ditandai dengan adanya syukuran “Peuseujuek” di Kapal KMP. Aceh Hebat 2 berlangsung Kamis, (28/1/2021) turut dihadiri oleh General Manajer General ASDP Banda Aceh, Syamsudin, Kapolsek Ulee Lheue, KSOP Malahayati, PPTD Ulee Lheue, SAR Ulee Lheue serta pihak internal/eksternal penanggungjawab pengelola Pelabuhan Ulee Lheu. Undangan luar yang hadir hanya dari Dinas Perhubungan.

Syukuran KPM. Aceh Hebat berlangsung khidmat dengan mengundang anak yatim, pemberian santunan kepada anak yatim, diisi dengan doa serta ditutup dengan menikmati hidangan sederhana yang disiapkan panitia setempat.

Terdapat 3 kapal yang disiapkan untuk kebutuhan armada pelayaran Ulee Lheue-Balohan; KMP. BRR, KMP. Tanjung Burang, KMP. Aceh Hebat 2, ada juga memang KMP. Papuyu namun hanya berlayar di/ke Ulee Lheu Lamting, juga Ulee Lheu-Terapung.

Penerapan Protokol Kesehatan Pandemi Covid-19

Setiap penumpang di KMP. Aceh Hebat 2, kita sudah menyiapkan tim dari KKP Kesehatan, karenanya setiap penumpang, petugas dan semua unsur operasional diharuskan mengikuti peraturan protokol kesehatan terkait pencegahan pandemi covid-19.

“Kami mempunyai mitra penegakan aturan terkait dengan pandemi covid-19 kebijakan aturan  kepada seluruh kru di KMP. Aceh Hebat 2 tetap menjalankan protokol kesehatan, berlaku juga untuk kru/ABK dan nahkoda KMP. Tanjung Burang, KMP. Papuyu dan KMP. BRR,” jelas GM ASDP Banda Aceh, Syamsuddin.

“Menjadi kewajiban kami bersama-sama dan yang lebih berhak dan lebih bisa menerapkan hal itu adalah rekan kami di bawah koordinator pihak keamanan dalam hal ini Kapolsek Ulee Lheue,” ungkapnya.

Melalui sambutan mewakili Polsek Ulee Lheue, Kapolsek Ulee Lheue AKP Ismail menekankan kepada seluruh pihak melalui himbauan terkait melaksanakan kewajiban penegakan protokol kesehatan masa pandemi.

AKP Ismail Kapolsek Ulee Lheue bersama GM ASDP Banda Aceh saat memberi sambutan
kegiatan syukuran jelang pelayaran perdana KMP. Aceh Hebat 2

“Kewajiban kami yang harus kami gaungkan setiap waktu, untuk keselamatan para kru adalah mari melaksanakan protokol kesehatan di KMP. Aceh Hebat dengan menjaga jarak, mencuci tangan dan menggunakan masker,” ungkap AKP Ismail selaku Kapolsek Ulee Lheue, Banda Aceh.

“Selamat bertugas kami ucapkan, apabila ada terjadi kendala-kendala selama beroperasinya KMP. Aceh Hebat 2 mohon segera dilaporkan ke pihak Polsek Ulee Lheue, hal itu demi menjamin keamanan dan ketertiban umum dalam pelayanan pelayaran KMP. Aceh Hebat 2” Pungkas Kapolsek.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.