Hikayat "Nasib Atjeh" Tgk. Abdullah Arif Lampaui Zaman



Oleh: Nab Bahany As

Tgk. Abdullah Arif merupakan sastrawan Aceh, tulisan hikayatnya "Nasib Ajltjeh" ketika dikontekstualkan dengan era kekinian tampak masih sesuai, sehingga patutlah bagi para pemerhati seni dan budaya untuk menjadikan hikayat Tgk. Abdullah Arif sebagai cabaran yang tetap ideal dibicarakan dan diambil hikmah permenungannya.

Hikayat "Nasib Atjeh" dicetak pada era 1950-an awal, konteks yang dimiliki isi hikayat tersebut ketika direfleksikan di era sekarang tahun 2021 terasakan keistimewaan hikayat tersebut masih memiliki unsur kesesuaian, kearifan nasihat dan kisahan pada era hikayat tersebut ditulis dapat dianggap istimewa sebab melampaui zaman pembuatannya.

Bagi pencinta karya sastra hikayat Aceh, nama Tgk. Abdullah Arif tentu bukan lagi sebuah nama yang asing bagi mereka. Karena Abdullah Arif adalah mbahnya guru hikayat Aceh yang sulit kita temukan penggantinya di Aceh hari ini.

Karya-karya hikayat Aceh yang ditulis Tgk. Abdullah Arif sejak 1940-1960-an, adalah karya-karya hikayat Aceh yang sangat momental, isi hikayat-hikayat karya beliau masih relefan dengan kondisi zaman dari dahulu hingga sekarang ini.

"Nasib Atjeh" adalah sebuah hikayat ditulis Tgk. Abdullah Arif dalam tiga jilid, diterbitkan tahun 1956 oleh penerbit Pusaka Jakarta.

Hikayat "Nasib Atjeh" Abdullah mengisahkan tentang kondisi Nasib Atjeh dari zaman penjajahan Belanda, hingga Nasib Atjeh setelah kemerdekaan, terutama kondisi Aceh di awal-awal Indonesia merdeka. 

Ternyata, apa yang diceritakan Tgk. Abdullah Arif dalam tiga jilid hikayat Nasib Atjeh itu, bila dibanding-bandingkan dengan kondisi Aceh hari ini juga tidak jauh berbeda. 

Patut bagi penganalisis hikayat tersebut untuk mendapatkan anggapan bahwa apa yang diceritakan Tgk. Abdullah Arif dalam tiga jilid hikayat Nasib Aceh ini, persis sedang terjadi di Aceh hari ini.

Itulah yang diaksud, Tgk. Abdullah Arif seorang sastrawan Aceh, yang karya-karyanya melampaui zaman. 

Berikut beberapa bait cuplikan dari syair hikayat Nasib Atjeh, hasil karya Tgk. Abdullah Arif yg masih relefan dengan kondisi Aceh hari ini:


Ka grak teukeudi teuma 'oh dudoe

Masa meugantoe donya meutuka

Atjeh nyang leubeh dilee saboh ror

Keunong lam ujoe Allah Ta'ala


Tuhan lhom bala Aceh lhee sagoe

Ban saboh nanggroe jiek ie raya

Teuka alamat tanda nyang tanggor

Sapue-sapue syoe keumeung na bahya


Seunang ngen susah meugatoe-gantoe

Laen uroe nyoe laen Baroe sa

Nyang jeut keulon kheun Allah hai adoe

Aceh kapaloe pakiban cara


Hana guna le hai nyak taiem droe

Taue-keu nanggroe maken seungsara

Bak soe takheun hai Allah he adoe

Meukon bak sidroe Allah Ta'ala


Talakee do'a malam ngen uroe

Beuna sidroe-droe ureueng nyang pinta

Nyang mat kuasa nyang pimpin nanggroe

Bek le lagee nyoe sabe lam goga


Ureueng melarat rakyat kaphang phone

Sabe keudroe-droe meuseunoh teuga

Deungen Beulanda golom seuleusoe

Deungen bangsa droe tapeudong dawa


Padum na bijak rancak geutanyoe

Meunye sidumnoe sama sibangsa

Musoh pusaka tanle tatusoe

Ateuh bangsa droe tapesak teuga


Ureueng dum tapoh ban saboh nanggroe

Habeh taseudoe agam ngen dara

Tamat kuasa bek ban galak droe

Rakyat sinaroe habeh binasa

Itulah beberapa bait cuplikan dari syair Nasib Atjeh yangditulis Tgk. Abdullah Arif, dalam merekam sebuah kondisi Aceh pada saat menulis hikayat itu, apakah kondisi tersebut masih relefan dengan kondisi Aceh hari ini?

*Penulis adalah budayawan Aceh, menetap di Banda Aceh

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.